10 Negara Ini Cocok buat Menghabiskan Masa Pensiun dengan Biaya Murah

TamanBerita.Com 10 Negara Ini Cocok buat Habiskan Masa Pensiun dengan Biaya Murah. Setiap orang bermimpi untuk pensiun dengan tenang dan nyaman. Bisa melakukan banyak hal, berkumpul dengan cucu ataupun hanya sekadar menghabiskan waktu untuk senang-senang antara lain membaca buku, berkebun, hingga fokus pada kehidupan spiritual yang lebih baik.

Tak hanya itu, banyak pula yang berpikir untuk menghabiskan waktu pensiun mereka untuk tinggal dan menetap di luar negeri.

Menurut State Department, orang tua di Amerika Serikat (AS) yang kini tengah memasuki masa pensiun (golden years) cenderung memilih untuk menghabiskan waktu pensiunnya dengan pindah ke luar negeri. Bahkan kini sudah tercatat setidaknya ada 9 juta penduduk Amerika yang menghabiskan masa pensiun mereka di luar sana. Demikian yang dilansir dari laman CNBC, Sabtu (5/5/2018).

Untuk menemukan negara yang cocok dan pantas untuk disinggahi, riset dari GoBankingRateskemudian memaparkan 10 negara termurah untuk pensiun dengan beberapa pertimbangan penting di dalamnya antara lain biaya hidup, biaya kesehatan, sewa-menyewa sesuatu serta faktor-faktor lain yang mendukung. Dari 100 negara yang disurvei, dikerucutkan menjadi 10 negara dengan indeks biaya hidup termurah pada suatu negara tersebut.

Dari beberapa negara terpilih, beberapa di antaranya menyajikan sisi hidup yang modern serta sejarah klasik yang menarik untuk dipelajari. Tak perlu berlama-lama, berikut 10 negara dengan indeks biaya hidup termurah untuk menghabiskan masa pensiun Anda:

10. Estonia

Indeks biaya hidup: 58,00

9. Spanyol

Indeks biaya hidup: 62,58

8. Afrika Selatan

Indeks biaya hidup: 48,83

7. Taiwan

 Indeks biaya hidup: 66,20

6. Turki

Indeks biaya hidup: 41,19

5. Jerman

Indeks biaya hidup: 75,40

4. Republik Ceko

Indeks biaya hidup: 48,73

3. Meksiko

Indeks biaya hidup: 34,58

2. Arab Saudi

Indeks biaya hidup: 49,57

1. India

Indeks biaya hidup: 27,65

Seluruh pekerja atau karyawan pasti akan melalui masa pensiun. Masa tersebut seharusnya dilewati dengan nyaman karena tinggal menikmati apa yang dikerjaan sepanjang bekerja.

Namun ternyata, tak jarang ditemui para pensiunan yang tak bisa menikmati masa pensiunnya dengan tenang. Mereka masih tetap harus bekerja untuk bisa hidup.

Nah, agar masa pensiun Anda tenang, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Berikut ini daftar buku yang perlu Anda baca jika ingin pensiun dengan tenang:

1.Your Retirement Quest: 10 Secrets for Creating and Living a Fulfilling Retirement

Buku ini ditulis oleh Alan Spector dan Keith Lawrence. Dalam buku ini menceritakan bagaimana menjalani dunia kerja secara seimbang dan menyiapkan diri secara finansial untuk pensiun. Dalam buku diisi juga oleh pengalaman dari para tokoh-tokoh yang telah pensiun.

2. The Mindset Retirement: How I Retired at 55 —With No Money

Dalam buku ini, penulis yaitu Beth Rand memaparkan bagaimana menghadapi problematika setelah fase pensiun. Apa saja yang harus dihadapi terutama dalam hal keuangan. Hal tersebut agar pembaca melihat apa yang harus disiapkan sebelum pensiun. Buku ini tepat bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai perasaan yang muncul pada fase pensiun.

3. Rescuing Retirement: A Plan to Guarantee Retirement Security for All Americans

Baru rilis tepat pada 1 Januari lalu, buku ini ditulis oleh Teresa Ghilarducci dan juga Tony James. Tidak menjabarkan tips-tips untuk pensiun seperti pada umumnya, Teresa dan Tony memberikan data melalui krisis tabungan pensiun Amerika saat ini untuk memberikan gambaran yang berbeda dalam memandang pensiunan ini.

4. The Longevity Economy: Unlocking the World’s Fastest-Growing, Most Misunderstood Market

Sama seperti Teresa, Joseph menawarkan cerita berbeda ketika memandang isu pensiunan ini. Di sini ia memaparkan bagaimana dunia korporat Amerika menghadapi populasi yang berbeda saat ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *