Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesahatan Yang Sering Disepelekan.

TamanBerita.com-Dalam daun sirsak terkandung berbagai senyawa aktif diantaranya flavonoid, tannin, alcaloid, saponin, kalsium, fosfor, karbohidrat, vitamin A, B and C, fitosterol, dan kalsium oksalat.

Senyawa utama yang terkandung dalam daun sirsak adalah annona acetogenins, yang merupakan salah satu jenis asam lemak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirsak yang bisa kita peroleh:

1. Meredakan demam

Demam adalah salah satu indikator atau tanda bahwa terjadi masalah dalam tubuh.

Daun sirsak mengandung senyawa aktif yang mampu menurunkan suhu tubuh serta mengatasi infeksi yang terjadi dalam tubuh.

Saat terserang demam, rebuslah beberapa helai daun sirsak dengan segelas air selama 10 menit kemudian minumlah air rebusannya dalam keadaan hangat.

2. Mengurangi gejala arthritis

Daun sirsak mengandung senyawa anti inflammatori atau peradangan yang dapat mengurangi gejala arthritis.

Arthritis adalah suatu gangguan pada persendian yang disebabkan oleh peradangan dan rusaknya sistem imun yang terjadi dalam tubuh dimana sel darah putih justru menyerang sel normal dalam tubuh.

Meminum air rebusan daun sirsak setiap hari dapat mengurangi gejala arthritis dan rasa nyeri pada persendian.

3. Mencegah kerusakan kulit

Daun sirsak kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan mengatasi masalah pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati masalah pada kulit diantaranya eksim dan jerawat.

Senyawa anti inflamasi dan anti bakteri pada daun sirsak mampu menghilangkan peradangan pada kulit akibat jerawat .

Anda dapat menghilangkan eksim dan jerawat dengan cara menumbuk beberapa helai daun sirsak dan mengoleskannya pada area kulit yang bermasalah. L

4. Mencegah dan mengobati kanker

Salah satu khasiat daun sirsak yang tak terduga adalah mencegah dan mengobati kanker. Banyak penelitian telah membuktikan pengaruh ekstrak daun sirsak terhadap perkembangan berbagai macam sel kanker dalam tubuh.

Daun sirsak mengandung senyawa Annonaceous acetogenins yang hanya dapat ditemukan pada keluarga tanaman annonaceae.

Senyawa tersebut merupakan senyawa fitokimia yang memiliki aktifitas anti kanker. Annonaceous acetogenins bekerja dalam tubuh dengan membunuh sel kanker dan memicu apoptosis atau yang dikenal dengan mekanisme bunuh diri sel.

Tidak hanya membunuh sel kanker, ekstrak daun sirsak juga mampu membunuh tumor secara efektif dengan cara menghambat pasokan nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh sel tumor.

5. Mencegah dan mengobati diabetes

Diabetes adalah penyakit metabolisme dimana tubuh kehilangan kontrol terhadap kadar gula dalam darah.

Insulin adalah hormon yang bekerja mengatur kadar gula darah dalam tubuh agar tetap normal. Pada penderita diabetes, insulin tidak dapat bekerja secara optimal karena kehilangan kepekaannya terhadap kadar gula dalam darah.

Daun sirsak mengandung senyawa metanolik, streptozotocin yang dapat memicu sel-sel beta langerhans dalam pankreas untuk menghasilkan insulin dan meningkatkan sensitifias insulin terhadap kadar gula darah dalam tubuh.

Mengkonsumsi air rebusan daun sirsak setiap hari dapat membantu penderita diabetes dalam menetralkan kadar gula dalam darah.

6. Mengatasi peradangan

Peradangan dalam tubuh dapat terjadi karena infeksi maupun gangguan pada sistem organ. Senyawa aktif dalam daun sirsak mampu bekerja sebagai zat anti-inflammatori sekaligus sebagai analgesik atau pereda rasa sakit.

Oleh sebab itu, air rebusan maupun ekstrak daun sirsak dapat digunakan untuk menyembuhkan radang, baik yang bersifat ringan maupun kronis seperti radang pada saluran cerna seperti usus dan lambung.

7. Mengobati malaria

Malaria adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh parasit Plasmodium yang ditularkan melalui nyamuk Anopheles.

Angka kematian yang disebabkan oleh malaria cukup tinggi di Indonesia dan bila tidak segera ditangani, malaria dapat sangat berbahaya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak pentana yang terkandung dalam daun sirsak mampu membunuh Plasmodium penyebab penyakit malaria secara efektif.

8. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Kedari et al dalam American Journal of Research Communication pada tahun 2014 menyebutkan bahwa daun sirsak mengandung senyawa antihypertensive yang dapat menurunkan tekanan darah tanpa mempengaruhi kerja organ jantung.

Meminum rebusan daun sirsak setiap hari mampu membantu penderita hipertensi dalam mengontrol tekanan darahnya.

9. Mengobati jaundice

Penyakit ini menyebabkan kulit dan sclera mata seseorang berwarna kuning akibat tingginya kadar bilirubin dalam darah. Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak daun sirsak mampu menurunkan kadar bilirubin dalam darah penderita jaundice.

10. Memperkuat sistem imun

Salah satu manfaat daun sirsak adalah memperkuat sistem imun pada tubuh kita.

Senyawa antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak mampu meningkatkan kemampuan sel imun atau sel kekebalan tubuh dalam menangkal mikroorganisme dan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Selain itu, kandungan zinc dalam daun sirsak juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Saat anda merasakan gejala flu atau demam, anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun sirsak untuk memperkuat daya tahan tubuh anda.

11. Mengatasi sakit maag

Penyakit maag atau radang lambung banyak diderita oleh masyarakat dewasa ini.

Penyakit ini terjadi karena buruknya pola makan seseorang atau akibat adanya infeksi pada saluran cerna. Jika tidak ditangani, penyakit maag dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang serius.

Daun sirsak mengandung senyawa anti-ulceritis atau anti peradangan yang dapat menghambat produksi asam lambung, melindungi dinding lambung serta membunuh bakteri penyebab infeksi dalam saluran cerna.

Rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak dapat mengurangi infeksi pada lambung sekaligus meredakan sakit akibat infeksi tersebut.

12. Mempercepat penyembuhan luka

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Moghadamtousi et al membuktikan bahwa senyawa etil asetat dan antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak mampu mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Jika anda ingin luka anda segera sembuh, anda hanya perlu menumbuk beberapa helai daun sirsak dan mengaplikasikannya pada kulit yang terluka.

13. Mengatasi depresi dan stress.

Menurut penelitian, masalah depresi dan stress dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan dan meningkatkan resiko berbagai macam penyakit. Daun sirsak mengandung senyawa alkaloids, anonaine, nornuciferine dan asimilobine yang berfungsi sebagai anti-depresant.

Senyawa-senyawa tersebut mampu menghambat terjadinya stress dan memicu otak untuk memproduksi senyawa serotonin yang dapat menenangkan saraf dan meredakan stress.

14. Menurunkan kolesterol

Senyawa anti-hiperlipidemia yang terkandung dalam daun sirsak mampu menurunkan kadar lemak jahat atau kolesterol yang dalam bahasa medis disebut dengan istilah Low Density Lipoprotein (LDL) serta meningkatkan kadar lemak baik atau High Density Lipoprotein (HDL) di dalam tubuh.

15. Mengobati diare.

Sebuah penelitian pada tahun 2014 menyebutkan bahwa ekstrak methanol yang terkandung dalam daun sirsak mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan parasit termasuk bakteri Escheriscia coli yang merupakan penyebab diare.

Meskipun banyak manfaat daun sirsak yang telah teruji, penelitian juga menyebutkan bahwa daun sirsak

dapat memicu urinasi atau merangsang pengeluaran urin atau air seni setelah dikonsumsi. Oleh sebab itu, wanita hamil sebaiknya menghindari konsumsi air rebusan sirsak sebisa mungkin.

Terlalu banyak mengkonsumsi ekstrak daun sirsak juga dapat menyebabkan rasa kantuk dan kehilangan kesadaran.

berakibat buruk pada kesehatan karena senyawa anti mikroba yang terkandung dalam daun sirsak dapat membunuh bakteri baik atau flora normal dalam tubuh.

bijaksanalah dalam mengkonsumsi daun sirsak dan bila perlu konsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *