Presiden Jokowi Akan Membuka Jamnas Revolusi Mental Di Solo

Presiden Jokowi Akan Membuka Jamnas Revolusi Mental Di Solo
Presiden Jokowi Akan Membuka Jamnas Revolusi Mental Di Solo

TamanBerita.com Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan membuka Jambore Nasional (Jamnas) Revolusi Mental yang akan digelar di Solo, Jumat (25/8) hingga Minggu (27/8) mendatang. Rembuk nasional ini akan menjadi agenda penting dalam kegiatan yang baru kali pertama dilaksanakan di Indonesia.

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sekaligus Ketua Pelaksana Jambore Nasional Revolusi Mental 2017, Soedarmo mengatakan, kegiatan akbar tersebut akan dihadiri sedikitnya 15 ribu peserta dari masyarakat sejumlah menteri dan seluruh gubernur serta wali kota dan bupati. Pembukaan acara akan dipusatkan di Stadion Manahan.

Ada lima tema besar yang akan dibahas dalam rembuk nasional nanti, yakni Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri dan Gerakan Indonesia Bersatu, ujar Soedarmo kepada wartawan seusai mengikuti rapat final kegiatan di Balai Kota Solo.

Soedarmo menerangkan, kelima tema gerakan revolusi mental akan dibahas oleh para peserta dalam rembuk nasional. Jambore juga akan diisi dengan pameran inovasi anak bangsa, karnaval serta pentas budaya.

Pembukaan acara jambore nasional akan digelar di Stadion Manahan Solo. Akan dibuka langsung oleh presiden.

Menurutnya jambore tersebut akan menjadi ajang kampanye gerakan revolusi mental di semua lapisan masyarakat. Sekaligus menjadi komitmen bersama untuk melakukan revolusi mental. Total ada 13 kegiatan yang masuk dalam jambore ini.

Kita berharap kegiatan ini mampu menciptakan perubahan etos kerja, gotong royong dan integritas. Tiga hal itu diharapkan bisa menjadi pedoman di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mulai dari level anak-anak sampai birokrat. Nantu harapannya bisa dijadikan seperti role model.

Untuk pembicara, lanjut dia, bisa dari kementerian ataupun kepala daerah. Ia menyatakan, hingga saat ini persiapan acara sudah 95 persen.

Seluruh koordinator dari 13 serangkaian acara Jamnas sudah melaporkan kesiapan acara.

Ada sekitar 8 menteri yang akan hadir, 34 gubernur, dan 514 bupati/wali kota

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *