KPK Pastikan Hadiri Praperadilan Setnov di Pengadilan Negeri Hari Kamis Nanti

KPK Pastikan Hadiri Praperadilan Setnov di Pengadilan Negeri Hari Kamis Nanti
KPK Pastikan Hadiri Praperadilan Setnov di Pengadilan Negeri Hari Kamis Nanti

Tamanberita.com -Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan hadir pada sidang praperadilan yang diajukan oleh Setya Novanto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sedianya, sidang kembali digelar Kamis (7/12).

“Akan datang. Jadi tim KPK yang diwakilkan oleh biro hukum akan hadir,” ujar kepala bagian informasi dan publikasi KPK, Priharsa Nugraha, Senin (4/12).

Tamanberita.com -KPK Pastikan Hadiri Praperadilan Setnov di Pengadilan Negeri Hari Kamis Nanti

Priharsa mengatakan, guna menghadapi gugatan kedua kalinya oleh Setya Novanto, KPK telah menyiapkan beberapa berkas.

KPK, imbuh Priharsa, juga telah menyiapkan jawaban atas penetapan tersangka ketua umum non aktif Golkar itu.

“Kita akan menyiapkan jawabannya,” ujarnya.

Diketahui, pada persidangan sebelumnya hakim tunggal Kusno, yang memimpin sidang praperadilan Setya Novanto, memutuskan menunda persidangan karena ketidakhadiran pihak KPK.

Sidang ditunda satu minggu kemudian, meski dari pihak KPK meminta penundaan selama tiga minggu.

Sementara itu, wakil ketua KPK Saut Situmorang mengisyaratkan bahwa sidang praperadilan Setya Novanto tidak akan berlanjut.

Alasannya pemberkasan tersangka korupsi proyek e-KTP itu telah dilimpahkan dan dibacakan surat dakwaan. Hal tersebut secara otomatis menggugurkan sidang praperadilan.

“Yang penting sudah diluar limit yang harus kita selesaikan lah sehingga bisa masuk di dalam waktu bahwa prapernya tidak bisa dilanjutkan karena memang kita sudah melimpahkan berkas,” ujar Saut usai mengikuti festival Anak Jujur 2 di gedung KPK Merah Putih, Jakarta Selatan, Jumat (1/12).

Lebih lanjut, Saut mengatakan pemberkasan Setya Novanto lebih cepat menyusul keterangan terdakwa kasus yang sama, Andi Agustinus alias Andi Narogong saat memberikan keterangannya di persidangan, Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (30/11).

Tidak hanya itu, dia juga mengatakan keterangan Andi kemarin membuktikan keyakinan KPK dalam menetapkan ketua DPR sebagai tersangka merupakan langkah yang benar.

“Bukan hanya mempercepat tetapi paling tidak kita lebih firm bahwa selama ini yang kita lihat sudah betul. Ini kan hanya dikonfirmasi saja dicross check saja bahwa yang kita dengar selama ini ternyata betul dan ternyata itu dibenarkan oleh yang bersangkutan (Andi Narogong),” ujarnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *