Raja Arab Saudi Salman Berkunjung Ke Indonesia Singgah ke Masjid Istiqlal

TamanBerita– Raja Arab Saudi Salmanbin Abdulaziz akan berkunjung ke Indonesia selama sembilan hari, yakni pada 1-9 Maret 2017.

Dikabarkan dia memiliki kekayaan 17 miliar dolar AS atau sekitar Rp 226 triliun,

Kekayaan Raja Salman berarti setara dengan tiga kali lipat lebih APBD DKI Jakarta yang kini tercatat sekitar Rp 70 triliun.

Di sela kunjungan kenegaraan itu, Raja Salman akan menyempatkan diri singgah ke Masjid Istiqlal. Namun, dia tidak akan melakukan tur keliling Istiqlal.

Meski belum diketahui pasti jam berapa Raja Salman dan delegasi Arab Saudi itu akan singgah, namun kawasan Istiqlal kemungkinan akan ditutup sementara setelah salat Zuhur.

“Sterilisasi dari masyarakat umum akan dilakukan setelah salat Zuhur, sehingga kemungkinan masyarakat tetap dapat beribadah salat Zuhur.

Setelah beliau selesai kunjungan, area Istiqlal baru dibuka kembali,” kata dia.

Abu Hurairah menjelaskan, Raja Salman beserta rombongan tidak akan melakukan tur keliling di Istiqlal. “Dalam agenda, tidak ada tur keliling masjid seperti tamu negara lainnya,” ungkap dia.

Abu mengatakan, kehadiran Raja Salman di Istiqlal berbeda jika dibandingkan kehadiran presiden dan pemimpin negara lainnya, yang sebelumnya pernah mendatangi masjid terbesar Asia Tenggara itu.

Orang nomor satu di Saudi tersebut hanya akan melaksanakan salat penghormatan terhadap Istiqlal (tahiyatul masjid).

Dia menjelaskan, raja negara petrodolar rencananya akan menuju ruangan VIP, mengisi buku tamu dan menuliskan kesan dan pesan untuk Istiqlal.

Tangga motorized atau ekskavator yang khusus digunakan oleh Raja Salman mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Ngurah Rai, Bali

Kemudian sembari Raja Salman berjalan, pihak penerima tamu akan menceritakan sejarah Masjid Istiqlal.

Terkait banyaknya tamu negara yang datang ke Istiqlal nanti, lanjut Abu, pengelola masjid menyiapkan area parkir kendaraan.

Diperkirakan, area parkir akan dipenuhi kendaraan delegasi Saudi berikut kendaraan pejabat Indonesia.

“Rombongan kerajaan (Raja Salman) rencananya akan menggunakan area parkir khusus, ada 1.500 orang dari mereka menggunakan parkir rombongan.

Ini belum termasuk pejabat yang mendampingi, parkir untuk pengantar akan diatur bagi delegasi tamu VIP nanti,” beber Abu.

Terkait dengan kedatangan Raja Salman beserta rombongan, PT Angkasa Pura II (Persero) bersinergi dengan TNI AU

serta Paspampres meningkatkan keamanan sesuai dengan standar pengamanan tamu negara atau VVIP,” kata¬†Abdul Rasyid dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (25/2/2017).

Selain itu, ia melanjutkan, Notice to Airmen atau NOTAM akan diterbitkan oleh pihak berwenang

saat kedatangan maupun keberangkatan pesawat dari Arab Saudi tersebut, sehingga ada penerbangan reguler yang mengalami expected delay di Bandara Halim Perdanakusuma.

andara Halim Perdanakusuma siap menyambut kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud pada 1 Maret 2017.

1 Maret 2017, Raja Salman beserta rombongan akan tiba dengan dua unit pesawat Boeing 747-400, satu unit Boeing 777,

dan satu unit Boeing 757 yang merupakan pesawat evakuasi medis. Kemudian, pada 3 dan 4 Maret 2017 seluruh rombongan akan terbang

dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bali.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *