6 Kebiasaan yang Dapat Membantu Mencegah Infeksi

TamanBerita.Com 6 Kebiasaan yang Dapat Membantu Mencegah Infeksi. Tahukah kamu infeksi bisa menular kapan pun, di mana pun, dan lewat perantara apa pun bahkan dari hal-hal yang tidak kita sadari?

Infeksi bisa menimbulkan masalah kesehatan dari yang sepele hingga cukup serius. Untuk itu, cara terbaik menjaga kesehatan diri adalah dengan mencegah infeksi datang, terlebih bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Bagaimana caranya? Berikut berbagai hal sederhana yang bisa lakukan sehari-hari untuk mencegah infeksi.

1. Rutin mencuci tangan

Tangan menjadi bagian tubuh yang paling sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Mulai dari mengeluarkan uang, berpegangan pada sisi eskalator, hingga bersalaman dengan orang lain bisa membuat tangan tidak lagi steril.

Mikroba penyebab penyakit akan terus menempel di tangan hingga kita membersihkannya.

Parahnya, setelah melakukan serangkaian kegiatan yang membuat tangan kotor, kita biasa dengan santai mengambil makanan menggunakan tangan yang telah penuh dengan mikroba yang tak terlihat.

Akibatnya, sakit perut, diare, dan masalah pencernaan lainnya bisa menyerang.

Untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi yang berasal dari tangan, kita perlu mencucinya secara rutin. Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan gerakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) di waktu-waktu penting seperti:

  • Sebelum makan.
  • Sebelum memegang, mengolah, dan menyiapkan makanan.
  • Setelah buang air besar.
  • Setelah melakukan kontak dengan hewan, tanah, dan fasilitas umum seperti angkutan umum.

Usahakan untuk mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik. Bersihkan seluruh bagian tangan dari mulai telapak dan punggung tangan hingga sela-sela jari serta kuku.

Bilas dengan air mengalir dan keringkan tangan menggunakan tisu atau lap kering yang bersih.

2. Gunakan masker mulut

Menutupi hidung dan mulut dengan menggunakan masker menjadi salah satu cara efektif mencegah infeksi. Udara yang setiap hari kita hirup tidak terlepas dari bakteri, virus, dan parasit yang bisa masuk dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Apalagi bagi mereka yang sering menggunakan fasilitas umum.

Penularan penyakit di angkutan umum misalnya, bisa sangat cepat menyebar jika kita bersebelahan dengan orang yang sedang flu atau batuk.

Virus yang dikeluarkan saat batuk atau bersin dan kemudian terhirup bisa membuat kita juga tertular penyakit yang sama. Untuk itu, lindungi diri dengan menggunakan masker wajah.

3. Jangan berbagi barang pribadi

Sikat gigi, handuk, sapu tangan, dan alat makan termasuk barang pribadi yang sebaiknya tidak dipinjamkan. Menggunakannya secara bergantian dengan orang lain bisa membuat barang-barang tersebut menjadi sumber penularan infeksi.

Walaupun rekan yang dipinjami terlihat sehat, tetapi kita tidak pernah tahu kondisi kesehatan seseorang dengan hanya melihat tampilan luarnya saja.

Tak hanya itu, kita juga tidak tahu apakah kita yang justru bisa menularkan penyakit pada orang lain.

Mencegah infeksi dengan menggunakan barang pribadi tanpa meminjamkannya pada orang lain menjadi cara yang bijak demi kesehatan kita dan orang di sekitar kita.

4. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan kotor

Menyentuh mata, hidung, mulut dan mulut dengan tangan kotor bisa memindahkan kuman yang ada di tangan ke dalam tubuh.

Hidung merupakan bagian tubuh yang memiliki suhu hangat dan lembap yang menjadi tempat favorit virus dan bakteri untuk berkembang biak.

Selain itu, mata dan mulut merupakan bagian tubuh yang dilapisi jaringan basah (mukosa) yang dapat membuat bakteri mudah terperangkap untuk kemudian hidup dan berkembang.

Untuk itu, jangan sentuh ketiga bagian ini dan juga bagian tubuh lainnya saat tangan dalam keadaan kotor. Bahkan, tangan yang kelihatannya bersih sekalipun masih berisiko menularkan kuman penyebab penyakit yang bisa menginfeksi tubuh.

5. Jangan jajan sembarangan

Apakah kamu termasuk orang yang senang jajan? Kalau begitu mulai sekarang lebih jeli lagi sebelum membeli makanan di pinggir jalan.

Makanan yang dibeli di luar tidak terjamin kebersihannya, baik dari proses pembuatannya maupun penyimpanan.

Untuk itu, pandai-pandailah dalam memilih jajanan. Bukan tidak boleh, tetapi cobalah untuk membeli makanan yang ditaruh di etalase yang tertutup, bukan yang dibiarkan terbuka tanpa penutup apapun.

Makanan yang dibiarkan terbuka akan lebih mungkin terkontaminasi zat lain yang bisa menimbulkan infeksi.

Selain itu, coba perhatikan apakah penjual memerhatikan kebersihan dagangannya yang terlihat dari kebersihan etalase dagangan dan perlengkapan makan yang digunakannya.

6. Jangan keluar rumah saat sakit

Saat sakit, sistem kekebalan tubuh akan melemah. Bepergian ke luar ruangan tak hanya menyebarkan penyakit yang kita miliki ke orang lain. Namun juga berpotensi memperparah keadaan kita.

Kondisi di luar ruangan yang tidak dapat diprediksi bisa memperparah kondisi tubuh yang sedang tidak fit. Selain itu, kita juga bisa tertular penyakit lainnya jika orang-orang di sekitar ternyata sedang dalam kondisi sakit.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk beristirahat di rumah hingga kondisi tubuh kembali normal.

Berbagai cara tersebut bisa kita lakukan sebagai langkah sederhana untuk mencegah infeksi yang bisa menganggu kesehatan.

Untuk itu, jangan hanya membaca teori tanpa mempraktikkannya karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *