Ini Cara Terbaik Mencuci Buah dan Sayur, Menurut Sains

TamanBerita.Com Ini Cara Terbaik Mencuci Buah dan Sayur, Menurut Sains Mencuci bahan makanan, seperti buah dan sayuran, sebelum dimasak mungkin terlihat sebagai hal yang sepele.

Tapi, berita tentang berbagai wabah penyakit yang berhubungan dengan bahan makanan membuat kita perlu khawatir tentang kebiasaan mencuci bahan makanan tersebut.

“Produk (bahan makanan) biasanya dijual di tempat terbuka di mana siapa pun bisa memegangnya, dan bahan makanan berasal dari tanah, jadi mungkin ada kotoran,” ungkap Linda Harris, kepala departemen dan peneliti keamanan pangan di University of California, Davis dikutip dari Time, Rabu (02/05/2018).

Kotoran pada bahan makanan tersebut bisa membuat Anda sakit. Itu karena bisa jadi kotoran tersebut mengandung bakteri patogen yang berasal dari tangan pembeli atau saat pemanenan.

Untuk itu, membersihkan bahan makanan penting untuk dilakukan.

Perlu Dilakukan

Harris menyebut, bilasan sederhana dan jika memungkinkan menggosok buah dan sayuran perlu dilakukan. Selanjutnya yang tak kalah penting adalah mengeringkan bahan makanan tersebut.

Meski begitu, tiap jenis bahan makanan perlu diperlakukan dengan berbeda.

“Sesuatu seperti apel yang memiliki permukaan luar halus, Anda bisa menggosoknya saat Anda membilasnya,” ujar Harris.

“Kami telah melakukan beberapa penelitian yang menunjukkan cara ini dan kemudian mengeringkannya dengan handuk bersih (atau tisu) bisa mengurangi mikroorganisme secara signifikan,” imbuhnya.

Sayangnya, metode ini tidak bisa diterapkan pada semua jenis bahan makanan.

Harris mengatakan, metode ini berfungsi untuk apel, pir, dan bahan makanan berkulit keras lainnya. Sedangkan bahan makanan yang lunak seperti buah beri tidak mungkin menggunakan metode yang sama.

“Tidak mungkin untuk menggosok rasberry dan masih akan berbentuk sama,” katanya.

Jangan Lakukan

Beberapa langkah yang tak perlu Anda lakukan adalah menggosok bahan makanan dengan sikat atau merendamnya di wastafel yang penuh dengan air.

Menurutnya, dua metode tersebut justru lebih mungkin mengontaminasi produk dibandingkan menghilangkan bakterinya.

Harris juga mengungkapkan penggunaan soda kue untuk menghilangkan pestisida juga tak perlu dilakukan.

Meski ada bukti bahwa baking disoda bisa menghilangkan residu pestisida, Harris menemukan bukti bahwa pestisida pada bahan makanan yang dijual tidak terlalu membahayakan kesehatan.

Namun, jika Anda masih khawatir tentang pestisida ini, Anda bisa beralih pada bahan makanan organik.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *