Permintaan Meningkat, Harga Telur Ayam Naik Jadi Rp 25 Ribu per Kg

TamanBerita.Com Permintaan Meningkat, Harga Telur Ayam Naik Jadi Rp 25 Ribu per Kg. Harga telur ayam dalam negeri di pasar tradisional pada awal Mei 2018 terus mengalami kenaikan. Namun begitu, produk telur lainnya antara lain telur asin hingga telur puyuh masih tetap stabil.

Ning (24), seorang pedagang telur di salah satu kios di Pasar Kebayoran Lama menyatakan, kenaikan harga telur ayam dalam negeri tersebut baru terjadi pada Jumat (4/5/2018).

“Baru hari ini, dari Rp 24 ribu per kg jadi Rp 25 ribu per kg. Soalnya stok permintaan daerah meningkat, di Jakarta juga meningkat,” ujar dia di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Dia menuturkan, harga telur lainnya masih normal dan belum berubah. Salah satu telur ayam kampung yang dijual Rp 1.800 per butir, serta telur puyuh yang dijual Rp 29 ribu per kg.

Begitu juga dengan harga telur asin mentah Rp 2.800 per butir, dan telur asin matang Rp 3 ribu per butir.

Adapun ia menyebutkan, stok telur di lapak dagangannya seluruhnya didapat dari Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur.

Sementara itu, seorang penjual telur di pasar yang sama yakni Rifki (18) sepakat dengan Ning. Ia menuturkan, hanya telur ayam dalam negeri saja yang harganya melonjak. “Iya, sekarang jadi Rp 25 ribu per kg. Yang lainnya masih sama saja,” ujar dia.

Sebelumnya, harga telur di Pasar Tradisional Mencos, Setiabudi, Jakarta Selatan, masih tinggi pada awal pekan ini. Harga telur ayam per kilogram (kg) mencapai Rp 24 ribu per kg.

Salah satu pedagang telur, Nur (30), menyatakan harga telur ayam naik sebesar Rp 1.000 per kg. “Harga telur ayam naik dari Rp 23 ribu menjadi Rp 24 ribu per kg. Naik Rp 1.000 ribu, sudah dari dua minggu lalu,” tutur dia di Pasar Mencos Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin 30 April 2018.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, harga untuk jenis telur lainnya masih terpantau stabil pada awal pekan ini. Hal ini untuk telur puyuh maupun telur bebek.

“Telur ayam saja yang naik, telur kampung, telur bebek, dan telur puyuh masih biasa, masih normal. Telur kampung Rp 2 ribu per butir, telur bebek Rp 2.500 per butir, kalau telur puyuh Rp 36 ribu per kg, kalau beli satuan, 10 butir Rp 4 ribu. Masih pada normal,” ungkap Nur.

Sementara itu, Puryadi (28), pedagang telur, mengungkapkan menjelang puasa, harga telur ayam bisa mencapai Rp 26 ribu per kg. Ia menyebutkan penurunan akan terjadi pada pertengahan bulan puasa.

“Sekarang memang pada naik, wajar dekat-dekat puasa. Kalau puasa harga telur ayam bisa Rp 26 ribu per kg dari yang biasanya Rp 23 ribu per kg. Tapi pertengahan bulan biasanya baru pada turun lagi,” tutur Puryadi.

“Sekarang masih sama dengan yang lain, rata-rata pada jual Rp 24 ribu per kg untuk telur ayam. Enggak naik-naik sekali, masih normal-lah,” tambah dia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *