Polisi Buru Pria yang Terekam CCTV di Lokasi Ledakan Bom New York

Polisi Buru Pria yang Terekam CCTV di Lokasi Ledakan Bom New York

Polisi Buru Pria yang Terekam CCTV di Lokasi Ledakan Bom New York – Sehari setelah ledakan mengguncang New York City, Amerika Serikat (AS), polisi memburu seorang pria yang terekam CCTV saat kejadian.

Pria yang tak diketahui identitasnya ini,terekam CCTV berada di dekat lokasi ledakan dan juga di dekat lokasi ditemukannya panci presto yang diduga bom kedua.

Disampaikan sejumlah sumber penegak hukum federal AS kepada CNN, Senin (19/9/2016), polisi mendeteksi keberadaan satu pria yang sama di dekat lokasi ledakan dan juga dekat lokasi temuan panci presto, yang berjarak sekitar empat blok. Penyidik kepolisian menduga panci presto itu akan dijadikan sebagai bom kedua.

Benda mencurigakan diduga bom ditemukan di tempat kedua, sekitar lokasi ledakan Manhattan, New York (Foto: CNN)
Benda mencurigakan diduga bom ditemukan di tempat kedua, sekitar lokasi ledakan Manhattan, New York (Foto: CNN)

Ledakan terjadi di distrik Chelsea, Manhattan bagian barat, tepatnya di antara 23rd Street dan 6th Avenue pada Sabtu (17/9) malam sekitar pukul 20.30 waktu setempat. Penyidik meyakini ledakan itu dipicu sebuah peledak yang ditempatkan di dalam atau di dekat tempat pembuangan sampah.

Di lokasi berbeda yakni di 27th Street yang berjarak empat blok dari lokasi ledakan, polisi menemukan sebuah panci presto dan juga secarik kertas yang berisi tulisan. Namun tidak diketahui pasti isi tulisan itu. Panci presto itu ditemukan bersama kabel berwarna gelap yang disambung dengan selotip warna perak ke sebuah benda yang terlihat seperti telepon genggam.

Dituturkan sejumlah sumber penegak hukum federal maupun lokal, seorang pria terekam CCTV sedang menarik sebuah duffel bag atau tas berbentuk silinder, yang memiliki roda di bagian bawahnya, di dekat lokasi ledakan di West 23rd Street sekitar 40 menit sebelum ledakan.

Selang 10 menit setelah ledakan terjadi, pria yang sama terekam CCTV di West 27th Street. Pria itu terlihat masih menarik duffel bag yang sama.

Sumber ledakan pertama diduga kuat berasal dari tempat sampah ini (Foto: Twitter NYPD via BBC)
Sumber ledakan pertama diduga kuat berasal dari tempat sampah ini (Foto: Twitter NYPD via BBC)

Dalam rekaman CCTV, pria yang sama meninggalkan duffel bag yang dibawanya di lokasi polisi menemukan bom panci presto yang belum meledak. Setelah pria itu pergi dari lokasi, CCTV menunjukkan dua pria berbeda memindahkan sebuah kantong sampah warna putih yang diyakini berisi panci presto, yang diambil dari duffel bag tersebut.

Menurut pejabat penegak hukum senior AS dan sumber lain yang memahami CCTV, kedua pria itu kemudian meninggalkan kantong sampah itu begitu saja di trotoar. Penyidik belum menentukan apakah dua pria itu terkait dengan pria yang membawa duffel bag.

Sedangkan bom panci presto yang ditemukan belum meledak dibawa ke fasilitas milik tim penjinak bom Kepolisian New York atau NYPD untuk diselidiki lebih lanjut. NYPD dan pakar bom FBI menyatakan alat itu dalam kondisi aman, dan selanjutnya akan diperiksa secara forensik di laboratorium FBI di Virginia.

Kepolisian New York terus menyisir area pada Minggu (18/9) waktu setempat, untuk mencari petunjuk soal siapa yang bertanggung jawab atas ledakan ini dan apa motifnya. Ledakan itu melukai 29 orang dan semuanya dilaporkan telah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

banner

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *